TELP : 0838-1525-1385 / FAX : 0724-1234567 info@nissanpontianak.com BUKA : KAM 08.00-17.00 WIB :
4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mematikan Mesin

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mematikan Mesin

Blog bloggerborneo 0
Nissan Genuine Parts

Image: NissanPontianak.Com

Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian pengendara kendaraan roda empat di Indonesia mengegas mobilnya sesaat sebelum mematikan mesin. Menurut informasi dikutip dari laman oto.detik.com, Senin (19/03/2018) menjelaskan bahwa ternyata kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan karena akan berdampak negatif bagi spare part genuine kendaraan Anda.

Sebelum mematikan kendaraan, sebenarnya yang harus diperhatikan adalah mematikan seluruh perangkat yang ada, seperti: Audio dan AC terutama. Hal ini harus dilakukan karena ketika mesin sudah mati, maka proses pelumasan juga ikut berhenti. Saat mobil dimatikan tiba-tiba padahal semua perangkat belum dimatikan membuat penurunan tekanan pelumas secara drastis tanpa disertai oleh pergerakan mesin. Karena itulah, Anda perlu menghindari kebiasaan menggeber mesin sesaat sebelum mematikan mesin.

Berikut merupakan 4 hal yang bisa dilakukan sebelum mematikan mesin mobil Anda:

  1. Sebelum berhenti, kurangi kecepatan mobil Anda. Dengan begitu, mesin mobil bisa menyesuaikan pergerakannya. Kemudian, saat mobil sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda sebelum Anda mematikan mesin.
  2. Cek komponen mobil Anda terlebih dahulu dan pastikan sudah tidak berfungsi ketika mobil sudah mati. Soalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini pula yang bisa menyebabkan aki mobil cepat rusak.
  3. Pastikan AC mobil Anda dimatikan terlebih dahulu sebelum mesin mobil dimatikan. Banyak ditemukan kondisi di lapangan justru pengendara mematikan mesin terlebih dahulu, baru mematikan AC. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kompresor AC, karena mesin mobil yang mati secara tiba-tiba dapat menimbulkan hentakan pada kompresor AC. Nah, jika Anda tak ingin mesin atau AC mobil Anda rusak, Anda harus membiasakan untuk mematikan AC nya terlebih dahulu.
  4. Nah, satu hal lagi yang suka terkadang dilupakan adalah mematikan perangkat audio sebelum mematikan mesin mobil. Tak bisa dipungkiri beberapa orang kerap lupa untuk mematikan audio mobilnya, padahal hal ini bisa merusak audio dan juga mesin. Kejutan listrik aki yang terjadi ketika audio lupa dimatikan akan menyebabkan aki mobil Anda akan cepat rusak.

Demikian penjelasan dari tim Nissan Pontianak mengenai kenapa alasan tidak boleh menggeber gas sebelum mematikan mesin mobil Anda. Semoga bermanfaat. (NP)

Stay Connected